Rabu, 21 Oktober 2015

Awas Penipuan Berkedok Toko Sepatu Wanita Online

Awas Penipuan Berkedok Toko Sepatu Wanita Online

Sepatu wanita online menjadi istilah populer, meskipun tak terdefinisi secara jelas tetapi para pengguna internet tahu persis yang dimaksud sepatu-wanita-online adalah penjual sepatu melalui internet. Keyword ini memang milik toko penjual sepatu di internet. Dengan mengetikkan keyword tersebut di browser, maka akan bermunculan alamat toko sepatu yang melayani pembelian sepatu secara online.

Berkembangnya teknologi informasi dan telekomunikasi yang terimplementasikan melalui internet telah mengubah gaya hidup masyarakat secara luas, untuk memperoleh beragam informasi setiap orang bisa dengan cepat mengakses sumber-sumber yang diperlukan secara tepat dan akurat. Demikian pula untuk saling berinteraksi antar individu yang berlokasi di negara berbeda kini dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Apa kaitan pesatnya perkembangannya teknologi informasi dan telekomunikasi terhadap sepatu wanita online ? Berikut adalah artikel yang dikutip dari Tips Sepatu-Wanita.com terkait tentang masalah perkembangan e-commerce dan upaya menghindari penipuan berkedok Toko Sepatu Wanita Online.

Perkembangan teknologi yang berlangsung secara serentak dan saling melengkapi itu dimulai dari penyedia jasa jaringan yang terus menerus meluaskan daerah operasinya dan meningkatkan kualitas layanan karena harus saling mengungguli antar sesama operator, perusahaan smartphone dan tablet yang terus melakukan inovasi untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna dan melakukan efisiensi agar harga produknya bisa bersaing. Sampai pada mesin pencari seperti Google yang terus menerus menyempurnakan algoritmenya agar bisa menyajikan informasi yang dibutuhkan pengguna internet secara akurat.

Jangkauan internet yang mampu mencakup wilayah amat luas juga memicu perkembangan e-commerce, yakni aplikasi bisnis yang berbasis internet. Melalui perdagangan secara elektronik ini, penjual dapat menawarkan produknya ke seluruh dunia. Sementara di penjuru dunia yang lain, konsumen dapat memperoleh produk yang tidak terdapat di negaranya tanpa harus bepergian ke luar negeri.

Perkembangan teknologi tersebut juga berimbas ke Indonesia, dalam sepuluh tahun terakhir terjadi pertumbuhan bisnis online yang pesat, termasuk toko sepatu yang di kalangan para konsumennya dikenal dengan sebutan populer sepatu wanita online. Tetapi konsekuensinya, semakin banyaknya sepatu wanita online tersebut diikuti pula oleh sepatu wanita online abal-abal, alias penipu.

Bagi konsumen sepatu wanita yang belum terbiasa melakukan pembelian melalui internet akan berpotensi menjadi korban penipuan yang berkedok toko sepatu wanita online. Tips sepatu wanita kali ini bermaksud berbagi pengalaman agar sesama konsumen tidak saja terhindar dari penipuan, tetapi juga bisa memilih toko sepatu online yang benar-benar profesional dalam memberikan pelayanan. Merespons secara cepat jika konsumen ingin mengembalikan sepatu yang telah dikirimkan karena ternyata ukurannya kurang sesuai dan kurang nyaman digunakan.

Secara teknis tampilan website abal-abal tersebut tidak berbeda banyak dengan website yang dimiliki oleh toko online profesional. Mereka juga menampilkan jenis dan model sepatu yang beragam, mulai dari sepatu flat, beragam sepatu wedges sampai high heels. Tetapi perlu diketahui bahwa gambar-gambar tersebut bisa dikopi paste dari website lain. Pada umumnya website abal-abal ini ingin lebih dulu menarik pembeli dengan memasang harga murah atau memasang harga promo.

Strategi harga murah ini umumnya berhasil mengecoh konsumen. Bahkan dengan strategi ini banyak penipu yang berhasil hanya dengan menggunakan media sosial. Hal ini bisa dimaklumi karena bisa dilakukan tanpa mengeluarkan banyak biaya alias gratisan. Sehingga setelah berhasil menipu pembeli, mereka dengan mudah menutup akunnya, lalu membuat akun baru dan memulai aksinya lagi.

Kelemahan dari sisi konsumen yang umumnya terdiri dari kaum wanita cenderung untuk mudah tertarik pada harga murah dan mudah percaya saat melakukan kontak pertama dengan penjual. Apalagi sepatu yang diincarnya tersebut diketahui di tempat lain dijual dengan harga jauh lebih mahal, dorongan untuk memiliki sepatu tersebut biasanya mengalahkan pertimbangan rasionalnya.

Membatasi diri hanya berbelanja di toko online adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah menjadi korban penipuan. Bukan berarti bahwa penjualan yang dilakukan melalui berbagai media sosial tersebut abal-abal, melainkan memilih untuk tidak membeli disana merupakan langkah yang tidak beresiko. Kecuali, tentu saja, jika Anda sebelumnya sudah berinteraksi cukup akrab dengan penjualnya sebagai teman di media sosial yang Anda yakini kejujurannya.

Memilih “sepatu wanita online” terpercaya adalah memilih website toko online yang telah memiliki reputasi dan benar-benar dikelola secara profesional. Anda akan menemukan banyak toko sepatu wanita online di internet. Dari yang menjual sepatu branded atau merk terkenal keluaran rumah mode di Paris atau lokal dengan harga mahal sampai sepatu murah, baik yang benar-benar murahan atau murah tetapi berkualitas.

Begitu pula dengan model sepatu yang ditawarkan, tidak saja dari sepatu hak rendah sampai sepatu hak tinggi seperti Stiletto. Tetapi juga sepatu-sepatu fashion wanita yang didisain secara kreatif dan hanya dijual secara online karena di produksi secara khusus dan terbatas. Meskipun etalase toko online hanya selebar layar monitor Anda, tetapi untuk memilih sepatu yang ditawarkan secara online tidak berbeda Anda sedang memasuki rimba sepatu yang bisa membuat Anda tersesat.

Langkah tanpa resiko adalah mencari lebih dulu mana toko sepatu wanita online yang masuk dalam kategori terpercaya, lalu bookmark atau catat alamatnya dengan menggunakan fitur yang disediakan browser Anda. Kumpulkan sebanyak mungkin agar nantinya Anda memperoleh banyak pilihan untuk perbandingan model, disain dan harga. Kemudian barulah mulai mencari sepatu yang Anda inginkan di website tersebut satu per satu.

Jika urutannya terbalik, bisa jadi sepatu yang Anda inginkan itu secara kebetulan ditawarkan oleh toko online abal-abal, tentu saja untuk model sepatu yang sama akan dipasang harga yang jauh lebih murah. Maka akan sulit untuk mengatasi godaan ini, apalagi jika sepatu yang ditayangkan tersebut persis seperti yang Anda inginkan.

Jadi, pilih dulu websitenya, kemudian baru memilih produk mereka. Bagaimana ciri-ciri website toko online yang terpercaya ?

Amat sederhana dan rasional, harus mencantumkan alamat kantor dan nomor telepon yang jelas. Cermati pula nomor telepon untuk Customer Service, lalu cobalah untuk menghubungi operatornya sekedar lebih meyakinkan bahwa telepon tersebut memang benar-benar disiapkan untuk melayanmi Anda. Selain itu jika Anda sudah terbiasa browsing di internet, nama toko online tersebut tentunya sudah sering Anda baca karena mereka juga memiliki anggaran untuk melakukan promosi seperti layaknya toko offline konvensional.

Beberapa toko online besar bahkan menawarkan pembelian secara COD atau Cost On Delivery, yaitu pembayaran dilakukan setelah sepatu yang dipesan diantar langsung dan sampai ke rumah Anda. Meskipun layanan ini masih terbatas diberikan untuk konsumen yang tinggal di kota-kota besar, tetapi toko online yang bersangkutan memerlukan investasi besar untuk membuka perwakilan mereka. Artinya, toko ini bukan toko online abal-abal dan berbelanja online disana dijamin aman. (Sumber: Tips Sepatu Wanita)

Baca juga :
Sepatu Pantofel Untuk Wanita
Berusia Seabad Lebih Mary Jane Tetap Modis
Sepatu Wanita Adalah Bagian Dari Fashion

Tidak ada komentar:

Posting Komentar